Sekretariat

  1. Sekretariat mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan,pengkoordinasian,pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan DinasKearsipan dan Perpustakaan.
  2. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.
  3. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud , Sekretariat mempunyai fungsi:
    1. pengkoordinasian kegiatan di lingkungan DinasKearsipan dan Perpustakaan;
    2. pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan DinasKearsipan dan Perpustakaan;
    3. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi keuangan, hukum, hubungan masyarakat, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi di lingkungan DinasKearsipan dan Perpustakaan;
    4. pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan di lingkungan DinasKearsipan dan Perpustakaan;
    5. pengkoordinasian pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
    6. penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan;
    7. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
    8. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai denganfungsinya.
  4. Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Perencanaan,Evaluasi dan Keuangan;
    2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  5. Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud  dipimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.
    1. Sub BagianPerencanaan, Evaluasi dan Keuanganmempunyai tugas menyusun rencana keuangan dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan serta laporan.
    2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud , Sub BagianPerencanaan,Evaluasi dan Keuangan menyelenggarakanfungsi :
      1. penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung;
      2. pelaksanaan kegiatan perbendaharaan meliputi pembukuan, verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi pelaksanaan belanja langsung dan tak langsung;
      3. penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan;
      4. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
      5. pelaksanaan dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi Dinas;
      6. pembuatan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
      7. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang keuangan;
      8. perencanaan kegiatan dan pengendalian program kerjaDinas;
      9. penyusunan dan mengkoordinasikan penyusunan Rencana Strategis, Penetapan Kinerja, Rencana Kegiatan Anggaran dan Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah;
      10. pelaksanaan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dan laporan-laporan insidentil;k.pelaksanaan pengumpulan, penelitian, analisa, pengelolaan, penyajian data, informasi dan menyiapkan bahan laporan kinerja Dinas serta menyusun bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
      11. penyusunan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
      12. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Perencanaan Keuangan dan program kegiatan, penelitian dan membuat pelaporan kegiatan Dinas;
      13. penyusunan petunjuk teknis Standar Pelayanan Minimal ;
      14. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya;
      15. pengkoordinasian pelaksanaan tugas secara internal dan sesuai lingkup tugasnya;
      16. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja sesuai lingkup tugasnya;
      17. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;s.pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya;
      18. penyelenggaraan kegiatan administrasi Sub BagianKeuangan, Perencanaan Evaluasi;
      19. pelaksanaan fungsi kedinasanlain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan fungsinya.
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan, dan kepegawaian.
    4. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam , Sub Bagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi:
      1. penyusunan rencana anggaran kebutuhan barang;
      2. penyusunan data dan administrasi inventaris Dinas;
      3. pelaksanaan ketatalaksanaan umum meliputi administrasi umum, surat menyurat, kearsipan dan administrasi kepegawaian;
      4. pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perjalanan dinas;
      5. pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana perkantoran;
      6. pelaksanaan pengelolaan barang inventarisasi Dinas;
      7. pengurusan mutasi, diklat, kesejahteraan pegawai, hak dan kewajiban pegawai;
      8. pelaksanaan tugas pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;
      9. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
      10. pelaksanaan kehumasan dan keprotokolan;k.pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Umum dan kepegawaian;
      11. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya.
      12. pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas sesuai lingkup tugasnya.
      13. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya
      14. pelaksanaan fungsi kedinasanlain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan fungsinya.